News & MediaCorporate Update

Kerjasama Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Arutmin Teken MoU dengan ULM

Kerjasama Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Arutmin Teken MoU dengan ULM

Kerjasama Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Arutmin Teken MoU dengan ULM

Kerjasama Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Arutmin Teken MoU dengan ULM

Kerjasama Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Arutmin Teken MoU dengan ULM

14 Juni 2021

Source: banjarmasin.tribunnews.com

PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap bersama Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama bidang Pendidikan, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (PPM) di bidang Perikanan & Kelautan, Kamis (10/6).

Penandatanganan kerjasama ini dilaksanakan di Kantor PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap antara Manager Tambang Kintap dan Dekan Fakultas Perikanan & Kelautan ULM.

Kerjasama ini bertujuan untuk  mengembangkan potensi perikanan dengan metode pengembangan rumah ikan dan terumbu karang (Bioreef Block) di perairan sekitar Pantai Lovesari Desa Mekarsari.

Dalam sambutannya Kepala Teknik Tambang Kintap, Lutfi Qolbirokhim berharap tujuan akhir kerjasama ini selain memberikan dampak bagi lingkungan hidup khususnya ekosistem laut, metode pengembangan rumah ikan dan terumbu karang juga mampu memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi nelayan khususnya dan masyarakat sekitar sejalan dengan program PPM Arutmin Kintap.

"Kami berharap kerjasama ini tidak hanya sebagai wahana dalam melakukan penelitian tetapi bisa berkolaborasi dalam hal pengabdian masyarakat," ujarnya.

Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat, Dr. Ir. Agustina, M.P, yang berkesempatan langsung bersilaturahim ke kantor Arutmin mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Site Kintap serta berharap sinergi ini dapat terus berlanjut sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ditegaskannya, sinergitas ULM dan Perusahaan, menjadi wadah bagi program Kampus Merdeka dan Belajar Merdeka.

Karena saat ini institusi pendidikan perlu menjalin kerjasama dengan banyak instansi dan perusahaan guna menyiapkan mahasiswa dan tenaga pengajar/dosen untuk melakukan praktik lapangan dan penelitian dalam mengasah kemampuannya.

Lanjut pada siang hari yang sama, Tim ULM dan Arutmin mengadakan sosialisasi kepada warga nelayan mitra binaan yang tergabun dalam Kelompok Nelayan Maju Bersama di Pantai Lovesari Desa Mekarsari.

Pembukaan kegiatan dihadiri langsung oleh Camat Kintap, Kapolsek Kintap dan Kepala Desa Mekarsari bersama Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutan Camat Kintap, Eko Trianto sangat berterima kasih kepada Arutmin terkait perhatiannya kepada warga sekitar lokasi perusahaan.

Adanya pengembangan Rumah Ikan dan Terumbu Karang diharapkan mampu menarik ikan-ikan hias maupun ikan yang sudah mulai langka.

Camat berharap agar anak cucu kita dapat menikmati hasil laut dan keindahan alam kita.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari, Witono juga menyambut baik kegiatan penelitian dan pengembangan rumah ikan dan terumbu karang ini, dalam jangka panjang agar mampu meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan dan mengembangkan potensi wisata pantai di desanya.

Alhamdulillah, agenda sosialisasi berjalan dengan lancar sampai akhir dengan antusias yang tinggi dari masyarakat nelayan Pantai Lovesari.

Back to News & Media