News & MediaCorporate Update

Bazar bagi pelaku UMKM binaan PT Arutmin Indonesia di Desa Geronggang, Kecamatan Kelumpang Tengah, Kotabaru

Bazar bagi pelaku UMKM binaan PT Arutmin Indonesia di Desa Geronggang, Kecamatan Kelumpang Tengah, Kotabaru

Bazar bagi pelaku UMKM binaan PT Arutmin Indonesia di Desa Geronggang, Kecamatan Kelumpang Tengah, Kotabaru

Bazar bagi pelaku UMKM binaan PT Arutmin Indonesia di Desa Geronggang, Kecamatan Kelumpang Tengah, Kotabaru

PT Arutmin Gelar Bazar Produk Lokal UMKM di Semenanjung Senakin Kotabaru

10 Desember 2021

Source: banjarmasin.tribunnews.com

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Dalam rangka merayakan semarak HUT ke-40 PT Arutmin Indonesia, PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin menggelar bazar bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan PT Arutmin Indonesia di Desa Geronggang, Kecamatan Kelumpang Tengah, Kotabaru.

Kegiatan Bazar ini dilaksanakan selama tiga hari, dari 7 Desember dan akan ditutup 9 Desember 2021.

Rangkaian semarak HUT ke 40 Arutmin sendiri telah dilakukan dengan berbagai kegiatan, di antaranya Arutmin 10 K untuk seluruh karyawan dan mitra kerja, penanaman mangrove bekerjasama dengan Komunitas Mangrove Kelumpang Tengah, penamaman pohon di Area Reklamasi Manggis melibatkan seluruh karyawan, mitra kerja dan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA.

Kemudian vaksinasi Covid-19 bekerjasama dengan Biddokkes Polda Kalsel, bazar UMKM, perlombaan mengajar daring bagi guru, serta perlombaan rencana usaha UMKM.

Adapun rangkaian acara untuk menyemarakkan bazar perdana yang dihibur dengan kesenian panting ini yakni: Hari pertama, pembukaan, vaskinasi Covid-19 dan penyerahan bantuan PT Arutmin Indonesia kepada UMKM dan desa lingkar tambang, serta penunjang untuk Puskesmas.

Hari kedua, olahraga bersama, edukasi kesehatan gigi dan lomba menggambar anak TK. Hari ketiga, lomba usaha kreatif pendukung  UMKM (talk show), launching  lomba UMKM Arutmin dan penutupan.

Acara bazar yang diikuti 12 UMKM di lingkup 4 kecamatan dengan produk unggulan masing-masing, dibuka langsung oleh Manager PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin, Dedi Heriyanto.

Di depan para pelaku UMKM, pemerintah desa, pemerintah kecamatan serta pihak keamanan koramil dan kepolisian, pada kesempatan ini Dedi menyampaikan tujuan bazar perdana ini adalah untuk mendorong dan memicu masyarakat dan menguatkan jaringan dalam rangka pengembangan usaha UMKM  yang berbasis pada sumber daya lokal, berkelanjutan dan memiliki daya saing dengan produk luar.

Dedi menegaskan bahwa PT Arutmin Indonesia akan memprioritaskan pengembangan ekonomi dalam program CSR atau PPM Tambang Senakin.

Salah satunya adalah pengembangan ekonomi melalui peningkatan UMKM di desa-desa dan kecamatan Lingkar Tambang.

Apabila pengembangan ini dilakukan bersinergi antara pelaku UMKM, pemerintah dan program CSR perusahaan, beliau optimis UMKM akan bisa maju dan gelaran bazar tahun tahun mendatang akan dapat menjadi ajang untuk memperluas jaringan, meningkatkan pendapatan, membuka peluang usaha, serta menciptakan wirausaha baru.

"Bahkan akan sampai pada kerja sama dengan pola kemitraan yang berkelanjutan," tegas Dedi sembari membuka bazar dengan mengucap Basmalah dan diikuti oleh semua peserta yang hadir.(aol)

Back to News & Media